Skip to main content

Studi Kasus 2 | Rekayasa Kebutuhan (B)

 Hello!

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang beberapa tahap dari rekayasa kebutuhan dalam studi kasus Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak "Aplikasi Pencarian Informasi Rumah Sakit Berbasis Lokasi dengan Penerapan Basis Data Fuzzy Model Tahani dan Dijkstra pada Platform Android Studi Kasus Lampung". Perangkat lunak ini bertujuan untuk memberikan aplikasi berbasis mobile yang dapat membantu masyarakat mencari rumah sakit terdekat tanpa akses internet. Softcopy dari dokumen tersebut dapat dilihat di bawah ini.

Eliciting

Elicitation adalah salah satu proses yang fokus untuk memahami kebutuhan dari customer melalui proses wawancara. Pada kasus ini, customer dari perangkat lunak ini adalah calon pasien rumah sakit. Kebutuhan mereka dapat dirincikan sebagai berikut:

  1. Terdapat beberapa rumah sakit yang tersebar di lokasi,
  2. Akses internet tidak selalu tersedia untuk mencari informasi rumah sakit,
  3. Calon pasien rumah sakit umumnya sudah memiliki handphone dengan OS Android,
  4. Saat ini, jika calon pasien ingin mencari informasi tentang rumah sakit, harus terhubung dengan jaringan internet, dan
  5. Calon pasien rumah sakit ingin dapat dengan mudah mencari rumah sakit terdekat.

Understanding

Berdasarkan proses wawancara sebelumnya, dapat dipahami bahwa perlu dibangun perangkat lunak ini yang dapat mencakupi hal-hal berikut:
  1. Melihat peta lokasi rumah sakit terdekat,
  2. Mencari rumah sakit berdasarkan kata kunci tertentu,
  3. Melihat daftar rumah sakit yang tersedia berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung,
  4. Melihat informasi rinci mengenai suatu rumah sakit, dan
  5. Melihat rute ke rumah sakit tujuan.

Specifying

Agar perangkat lunak dapat dikembangkan dengan baik, perlu dispesifikkan apa saja kebutuhan teknis yang menjadi keperluan perangkat lunak tersebut. 

  1. Komputer dengan processor Intel Core i3 2 GHz, RAM 4 GB, penyimpanan 620 GB, dengan monitor, keyboard, dan mouse sebagai antarmuka,
  2. Pengguna membutuhkan handphone dengan OS Android dengan dukungan GPS,
  3. Perangkat lunak mampu diinstal di perangkat pengguna dengan mudah,
  4. Perangkat lunak mampu melakukan pengurutan dan penyaringan data rumah sakit yang ditampilkan,
  5. Perangkat lunak mampu menemukan lokasi pengguna berdasarkan posisi GPS, dan
  6. Perangkat lunak mampu menyimpan data rumah sakit secara luring.

Validating

Proses validasi diperlukan untuk menguji dan memastikan apakah perangkat lunak telah dikembangkan sesuai kebutuhan dan berjalan dengan baik. Berikut tahap validasi tersebut:
  1. Tahap pertama: rancangan dari perangkat lunak dan perangkat keras akan dibahas dengan calon pengguna,
  2. Tahap kedua: penerapan pengujian kelayakan perangkat lunak yang terotomasi yang mencakupi integration test dan unit test,
  3. Tahap ketiga:  fase deployment terbatas dengan tujuan uji coba kelayakan perangkat lunak yang ditujukan untuk menangani kendala atau kekurangan yang masih ada, dan
  4. Tahap keempat: fase production dengan membuka akses pengunduhan perangkat lunak bagi calon pengguna dan melakukan pemeliharaan sistem secara berkala dan/atau sesuai kebutuhan.

Output

Luarannya sebagai berikut:
  1. Perangkat lunak berbentuk aplikasi Android untuk calon pasien rumah sakit, dan
  2. Infrastruktur pendukung berupa komputer admin dan basis data rumah sakit.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 3 | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)

 Latihan WPF Di minggu ke-3, ditugaskan untuk mempelajari WPF (Windows Presentation Foundation) sebagai salah satu cara untuk membuat aplikasi desktop. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah C# dengan struktur view  dibentuk dengan dokumen XAML. WPF Hello World Bagian pertama dari tugas minggu ini adalah untuk mencoba membuat "Hello, World" dengan WPF sebagai pengenalan. Repository  sebagai hasil dari bagian ini dapat diakses melalui hyperlink  ini . Fokusan pembelajaran saya dari bagian ini adalah mengenal bagaimana view dapat dibentuk dengan memanipulasi dokumen XAML yang ada, terutama dengan memanfaatkan sistem Grid . Saya mengikuti video berikut sebagai bahan pembelajaran: WPF Dashboard Bagian kedua dari tugas ini adalah untuk membuat dashboard sederhana dengan WPF. Repository- nya dapat diakses melalui hyperlink ini . Saya mempelajari cara membuat beberapa view  dan pemanfaatan RelayCommand dan Binding agar pengguna aplikasi dapat berpindah-pindah view .  Saya mengiku

Tugas 9 | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)

 View SB Admin dengan CodeIgniter Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang pembuatan web menggunakan CodeIgniter yang memanfaatkan template SB Admin. Preparations Sebelum memulai, lakukan langkah berikut: Membuat project CodeIgniter di local Mengunduh template SB Admin Install XAMPP untuk mempermudah deploy di local Steps Setelah project CI dan asset telah diunduh, kita dapat lanjut untuk membuat view sederhana dengan SB Admin.  Taruh asset SB Admin di folder public/assets dalam project CI yang telah dibuat Buat controller untuk mengatur route dan menampilkan view Buat view dengan memanfaatkan asset yang disediakan oleh SB Admin Gunakan controller untuk passing data ke view sehingga bisa ditampilkan Tampilan Repo dapat diakses melalui link ini .

Tugas 2 | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)

  Hello! Pada pertemuan minggu ke-2 kelas PBKK A ini, ditugaskan untuk membuat aplikasi desktop sederhana. Saya memutuskan untuk memilih aplikasi clone  dari Paint yang tentunya sudah umum dikenal pengguna OS Windows. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk "menggambar" dengan berbagai garis dan bentuk yang disediakan. Tentunya pada versi terbarunya, Paint sudah lumayan kompleks sehingga perlu dipilih fitur apa saja yang ingin dikembangkan untuk versi clone  nantinya. Tampilan Paint di Windows 11 Aplikasi clone  Paint ini akan memiliki fitur: Membuat bentuk lingkaran dan persegi panjang, Membuat garis, Memindahkan bentuk dan garis yang telah dibuat, dan Membersihkan area gambar. Kemudian, aplikasi tersebut akan dikembangan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan bantuan JSwing sehingga dapat terbentuk aplikasi desktop. Struktur Aplikasi Dengan JSwing, pola desain aplikasinya akan berputar pada tiga kelas utama, yakni kelas runner  untuk mengeksekusi aplikasi,