Skip to main content

Studi Kasus 3 | Rekayasa Kebutuhan (B)

 Hello!

Pada minggu ke-3 ini, diberi tugas untuk membahas "Input Output Rekayasa Kebutuhan" sebagai lanjutan dari materi minggu lalu. Saya akan melanjutkan studi kasus Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak "Aplikasi Pencarian Informasi Rumah Sakit Berbasis Lokasi dengan Penerapan Basis Data Fuzzy Model Tahani dan Dijkstra pada Platform Android Studi Kasus Lampung" yang dapat dilihat di bawah ini.


Input

Existing System Information

Berdasarkan dokumen yang ada, saat ini masyarakat provinsi Lampung terkadang kesulitan mencari informasi rumah sakit terdekat karena jaringan akses internet yang terbatas. Calon pasien harus berada di jaringan internet agar bisa mencari informasi rumah sakit.

Stakeholder Needs

Pada studi kasus terdapat dua stakeholder, yakni calon pasien dan admin. Berikut adalah kebutuhan mereka:

  1. Calon pasien
    • menemukan rumah sakit terdekat dengan mudah,
    • mendapatkan informasi lengkap tentang rumah sakit, dan
    • mengakses aplikasi secara luring.
  2. Admin
    • menyesuaikan infomasi rumah sakit dengan data di Dinas Kesehatan Provinsi Lampung

Organizational Standards

Beberapa standar yang ditetapkan dalam pengembangan aplikasi ini adalah:
  1. Reliability, aplikasi dapat digunakan dengan baik tanpa sering crash
  2. Availability, aplikasi dapat diunduh pada handphone berbasis Android milih calon pasien dan digunakan secara luring
  3. Security, data rumah sakit hanya dapat dimanipulasi oleh admin yang dibatasi oleh login
  4. Maintainability, data rumah sakit dapat diperbarui dan aplikasi dapat ditingkatkan layanannya
  5. Portability, aplikasi dapat digunakan secara bergerak

Regulations

Beberapa regulasi telah ditetapkan dalam pengembangan aplikasi ini, yakni:

  1. Data rumah sakit yang ditampilkan harus sesuai dengan data yang dimiliki Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dengan izin yang berlaku,
  2. Perubahan data rumah sakit hanya dapat dilakukan oleh admin sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan
  3. Aplikasi tidak diperkenankan menyimpan dan/atau melacak lokasi pengguna selain untuk keperluan mencari rumah sakit terdekat.

Domain Information

Aplikasi dapat dijalankan di handphone berbasis Android milik pengguna.

Output

Agreed Requirements

Berdasarkan proses rekayasa kebutuhan, terdapat beberapa requirement yang telah ditetapkan

  1. Aplikasi harus dapat menampilkan peta lokasi rumah sakit yang ada di Provinsi Lampung,
  2. Aplikasi harus dapat memfasilitasi pencarian rumah sakit berdasarkan kata kunci tertentu,
  3. Aplikasi harus dapat menyimpan daftar rumah sakit di Provinsi Lampung secara luring berdasarkan data di Dinas Kesehatan Provinsi Lampung,
  4. Aplikasi harus dapat diperbarui datanya oleh admin,
  5. Aplikasi harus dapat menuntun calon pasien ke rumah sakit terdekat menggunakan algoritma Dijkstra.

System Specifications

Agar aplikasi dapat berlajan, diperlukan spesifikasi sistem sebagai berikut
  1. Komputer dengan processor Intel Core i3 2 GHz, RAM 4 GB, penyimpanan 620 GB, dengan monitor, keyboard, dan mouse sebagai antarmuka,
  2. Pengguna membutuhkan handphone dengan OS Android dengan dukungan GPS,
  3. Perangkat lunak mampu diinstal di perangkat pengguna dengan mudah,
  4. Perangkat lunak mampu melakukan pengurutan dan penyaringan data rumah sakit yang ditampilkan,
  5. Perangkat lunak mampu menemukan lokasi pengguna berdasarkan posisi GPS, dan
  6. Perangkat lunak mampu menyimpan data rumah sakit secara luring.

System Models

Berikut beberapa model dari sistem yang dikembangkan:






Comments

Popular posts from this blog

Tugas 3 | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)

 Latihan WPF Di minggu ke-3, ditugaskan untuk mempelajari WPF (Windows Presentation Foundation) sebagai salah satu cara untuk membuat aplikasi desktop. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah C# dengan struktur view  dibentuk dengan dokumen XAML. WPF Hello World Bagian pertama dari tugas minggu ini adalah untuk mencoba membuat "Hello, World" dengan WPF sebagai pengenalan. Repository  sebagai hasil dari bagian ini dapat diakses melalui hyperlink  ini . Fokusan pembelajaran saya dari bagian ini adalah mengenal bagaimana view dapat dibentuk dengan memanipulasi dokumen XAML yang ada, terutama dengan memanfaatkan sistem Grid . Saya mengikuti video berikut sebagai bahan pembelajaran: WPF Dashboard Bagian kedua dari tugas ini adalah untuk membuat dashboard sederhana dengan WPF. Repository- nya dapat diakses melalui hyperlink ini . Saya mempelajari cara membuat beberapa view  dan pemanfaatan RelayCommand dan Binding agar pengguna aplikasi dapat berpindah-pindah view .  Saya mengiku

Tugas 9 | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)

 View SB Admin dengan CodeIgniter Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang pembuatan web menggunakan CodeIgniter yang memanfaatkan template SB Admin. Preparations Sebelum memulai, lakukan langkah berikut: Membuat project CodeIgniter di local Mengunduh template SB Admin Install XAMPP untuk mempermudah deploy di local Steps Setelah project CI dan asset telah diunduh, kita dapat lanjut untuk membuat view sederhana dengan SB Admin.  Taruh asset SB Admin di folder public/assets dalam project CI yang telah dibuat Buat controller untuk mengatur route dan menampilkan view Buat view dengan memanfaatkan asset yang disediakan oleh SB Admin Gunakan controller untuk passing data ke view sehingga bisa ditampilkan Tampilan Repo dapat diakses melalui link ini .

Tugas 2 | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)

  Hello! Pada pertemuan minggu ke-2 kelas PBKK A ini, ditugaskan untuk membuat aplikasi desktop sederhana. Saya memutuskan untuk memilih aplikasi clone  dari Paint yang tentunya sudah umum dikenal pengguna OS Windows. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk "menggambar" dengan berbagai garis dan bentuk yang disediakan. Tentunya pada versi terbarunya, Paint sudah lumayan kompleks sehingga perlu dipilih fitur apa saja yang ingin dikembangkan untuk versi clone  nantinya. Tampilan Paint di Windows 11 Aplikasi clone  Paint ini akan memiliki fitur: Membuat bentuk lingkaran dan persegi panjang, Membuat garis, Memindahkan bentuk dan garis yang telah dibuat, dan Membersihkan area gambar. Kemudian, aplikasi tersebut akan dikembangan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan bantuan JSwing sehingga dapat terbentuk aplikasi desktop. Struktur Aplikasi Dengan JSwing, pola desain aplikasinya akan berputar pada tiga kelas utama, yakni kelas runner  untuk mengeksekusi aplikasi,