Skip to main content

Studi Kasus 1 | Rekayasa Kebutuhan (B)

Deskripsi Aplikasi Sistem Parkir Non-tunai

Sistem Parkir Non-tunai merupakan sistem yang memungkinkan manajemen suatu lahan parkir dengan baik yang mengedepankan integrasi metode pembayaran secara non-tunai. Seperti sistem parkir pada umumnya, sistem ini memiliki seperangkat gate atau pintu yang menjadi titik masuk kendaraan dan pintu lain yang menjadi tempat pembayaran biaya parkir sekaligus arah keluar lahan parkir. Namun, tidak seperti sistem parkir yang kuno, sistem ini menerapkan otomasi dari awal hingga akhir proses bisnis sebagai implementasi Internet of Things (IoT). Terutama pada proses pembayaran yang tidak melibatkan petugas parkir. Pengadaan sistem parkir non-tunai diharapkan dapat memudahkan pengelola lahan parkir, seperti mall atau area perkantoran.

Proses bisnis sistem ini dimulai ketika pengunjung lahan parkir menghampiri pintu masuk parkir. Sistem akan mendeteksi ada kendaraan yang mendekat dan bersiap untuk menerima input dari pengguna. Input tersebut berupa menekan tombol karcis dan sistem akan mengeluarkan karcis parkir. Kemudian, ketika pengguna sampai di pintu keluar, pengguna dapat menempelkan karcis parkir. Pengguna dapat membayar biaya parkir secara non-tunai, terutama dengan menggunakan kartu berbasis NFC (Flazz, e-money, Brizzi) atau dengan QRIS. Sistem secara otomatis akan memproses pembayaran dan mendata transaksi yang terjadi. Lalu, pengguna dapat meninggalkan lahan parkir ketika palang pintu keluar terbuka.

Identifikasi User dan Stakeholder

User dan stakeholder dapat dijabarkan sebagai berikut:

  • user: pengunjung lahan parkir
  • stakeholder: pengelola lahan parkir

Kebutuhan User dan Stakeholder

Kebutuhan user dan stakeholder dapat dijabarkan sebagai berikut

Pengunjung Lahan Parkir

  • Memasuki lahan parkir
  • Menerima karcis parkir
  • Memahami antarmuka sistem
  • Melakukan pembayaran secara mudah

Pengelola Lahan Parkir

  • Mendapatkan sistem yang handal dan efisien
  • Mendapatkan rekap hasil transaksi pembayaran biaya parkir

Aspek Lain yang Penting

Berikut adalah beberapa aspek yang penting agar sistem dapat berjalan dengan maksimal

  • Akses ke jaringan internet sehingga dapat berkomunikasi dengan gateway pembayaran
  • Koneksi ke jaringan lokal sehingga pengelola dapat memanajemen sistem
  • Tenaga listrik untuk memberi daya
  • Kamera dan sensor untuk mencatat plat nomor dan mengetahui kapan palang dapat ditutup
  • Kertas untuk karcis parkir
  • Lahan parkir

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 3 | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)

 Latihan WPF Di minggu ke-3, ditugaskan untuk mempelajari WPF (Windows Presentation Foundation) sebagai salah satu cara untuk membuat aplikasi desktop. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah C# dengan struktur view  dibentuk dengan dokumen XAML. WPF Hello World Bagian pertama dari tugas minggu ini adalah untuk mencoba membuat "Hello, World" dengan WPF sebagai pengenalan. Repository  sebagai hasil dari bagian ini dapat diakses melalui hyperlink  ini . Fokusan pembelajaran saya dari bagian ini adalah mengenal bagaimana view dapat dibentuk dengan memanipulasi dokumen XAML yang ada, terutama dengan memanfaatkan sistem Grid . Saya mengikuti video berikut sebagai bahan pembelajaran: WPF Dashboard Bagian kedua dari tugas ini adalah untuk membuat dashboard sederhana dengan WPF. Repository- nya dapat diakses melalui hyperlink ini . Saya mempelajari cara membuat beberapa view  dan pemanfaatan RelayCommand dan Binding agar pengguna aplikasi dapat berpindah-pindah view .  Saya mengiku

Tugas 9 | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)

 View SB Admin dengan CodeIgniter Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang pembuatan web menggunakan CodeIgniter yang memanfaatkan template SB Admin. Preparations Sebelum memulai, lakukan langkah berikut: Membuat project CodeIgniter di local Mengunduh template SB Admin Install XAMPP untuk mempermudah deploy di local Steps Setelah project CI dan asset telah diunduh, kita dapat lanjut untuk membuat view sederhana dengan SB Admin.  Taruh asset SB Admin di folder public/assets dalam project CI yang telah dibuat Buat controller untuk mengatur route dan menampilkan view Buat view dengan memanfaatkan asset yang disediakan oleh SB Admin Gunakan controller untuk passing data ke view sehingga bisa ditampilkan Tampilan Repo dapat diakses melalui link ini .

Tugas 2 | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)

  Hello! Pada pertemuan minggu ke-2 kelas PBKK A ini, ditugaskan untuk membuat aplikasi desktop sederhana. Saya memutuskan untuk memilih aplikasi clone  dari Paint yang tentunya sudah umum dikenal pengguna OS Windows. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk "menggambar" dengan berbagai garis dan bentuk yang disediakan. Tentunya pada versi terbarunya, Paint sudah lumayan kompleks sehingga perlu dipilih fitur apa saja yang ingin dikembangkan untuk versi clone  nantinya. Tampilan Paint di Windows 11 Aplikasi clone  Paint ini akan memiliki fitur: Membuat bentuk lingkaran dan persegi panjang, Membuat garis, Memindahkan bentuk dan garis yang telah dibuat, dan Membersihkan area gambar. Kemudian, aplikasi tersebut akan dikembangan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan bantuan JSwing sehingga dapat terbentuk aplikasi desktop. Struktur Aplikasi Dengan JSwing, pola desain aplikasinya akan berputar pada tiga kelas utama, yakni kelas runner  untuk mengeksekusi aplikasi,