Skip to main content

Studi Kasus 5 | Rekayasa Kebutuhan (B)

 Business Requirements Document

Tulisan blog kali ini akan membahas tentang BRD untuk salah satu aplikasi penyewaan akomodasi, yakni Airbnb.

Sekilas tentang Airbnb

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Airbnb menghubungkan penyewa rumah, ruangan, dan akomodasi lainnya dengan calon konsumen yang umumnya membutuhkan akomodasi untuk liburan dan tempat singgah sementara. Berdiri sejak 2008 di Amerika Serikat, AirBendandBreakfast (nama awalnya), telah menghubungkan jutaan tempat singgah dengan ratusan juta pelanggan. Model bisnisnya sukses dan telah menggoyahkan hotel dan penyedia akomodasi tradisional dengan memanfaatkan teknologi.

Stakeholder dalam Airbnb

Terdapat beberapa stakeholder yang terlibat dalam proses bisnis Airbnb, yakni
  1. Pihak tuan rumah, penyedia akomodasi
  2. Pihak tamu, menyewa akomodasi
  3. Pihak pemerintah, sebagai regulator dan menerima pajak pertambahan nilai
  4. Pihak penyedia gateway pembayaran, memproses pembayaran dan melakukan penyaluran dana sesuai proses bisnis (disbursement)
  5. Pihak Airbnb, sebagai pemilik bisnis dan aplikasi

Kebutuhan

Kebutuhan penjabarannya sebagai berikut:

Business requirements

  • ada fasilitas pendaftaran bagi calon pihak tuan rumah untuk mendaftarkan akomodasi yang akan disewakan,
  • ada aplikasi yang dapat digunakan oleh pihak tamu dan pihak tuan rumah,
  • ada call center untuk memberikan bantuan bagi pelanggan untuk menyelesaikan masalah,
  • menggaet calon pihak tuan rumah melalui program promosi agar tertarik untuk mendaftarkan akomodasi,
  • menyediakan fotografer agar akomodasi baru dapat menarik perhatian,

User requirements

  • pengguna dapat membuat akun baru,
  • pengguna dapat melakukan pembayaran,
  • pengguna dapat memperbarui informasi dirinya

Functional requirements

Pihak tuan rumah dapat:

  • melakukan registrasi akun sebagai pemilik akomodasi,
  • mendaftarkan akomodasi miliknya untuk disewakan,
  • melakukan perubahan (mengubah detail/menghapus) pada akomodasi yang telah didaftarkan,
  • menerima notifikasi ada pemesanan terhadap akomodasi miliknya,
  • menerima pembayaran atas penyewaan akomodasi miliknya,
  • melihat statistik performa akomodasi yang ditawarkan,

Pihak tamu dapat:

  • melakukan registrasi akun sebagai penyewa akomodasi,
  • mencari akomodasi berdasarkan lokasi, harga, jenis, dan fasilitas,
  • menyewa akomodasi yang tersedia,
  • melakukan pembayaran untuk menyewa akomodasi,
  • menerima notifikasi bahwa proses pemesanannya berhasil,
  • mengulas akomodasi yang telah disewanya,

Pihak Airbnb dapat:

  • melakukan validasi calon akomodasi yang akan ditawarkan,
  • meluncurkan kampanye promo untuk meningkatkan penyewaan akomodasi,
  • menonaktifkan akun pihak tuan rumah dan pihak tamu apabila terjadi pelanggaran ketentuan pelayanan. 

Non-functional requirements

  • Sistem harus dapat diakses sewaktu-waktu, kapan saja dan dimana saja apabila terdapat hubungan internet
  • Sistem harus handal ketika digunakan oleh pengguna,
  • Sistem harus mampu menjamin keamanan data sensitif pengguna,
  • Sistem harus memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan oleh pengguna,
  • Sistem harus dapat melayani jutaan akses oleh pengguna secara bersamaan,
  • Sistem harus tersedia dalam berbagai bahasa sesuai dengan kebutuhan wilayah dan pengguna,
  • Sistem harus bisa diunduh oleh sistem operasi seluler yang populer,
  • Sistem harus tunduk pada regulasi berbadan hukum yang berlaku berdasarkan wilayah operasi

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 3 | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)

 Latihan WPF Di minggu ke-3, ditugaskan untuk mempelajari WPF (Windows Presentation Foundation) sebagai salah satu cara untuk membuat aplikasi desktop. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah C# dengan struktur view  dibentuk dengan dokumen XAML. WPF Hello World Bagian pertama dari tugas minggu ini adalah untuk mencoba membuat "Hello, World" dengan WPF sebagai pengenalan. Repository  sebagai hasil dari bagian ini dapat diakses melalui hyperlink  ini . Fokusan pembelajaran saya dari bagian ini adalah mengenal bagaimana view dapat dibentuk dengan memanipulasi dokumen XAML yang ada, terutama dengan memanfaatkan sistem Grid . Saya mengikuti video berikut sebagai bahan pembelajaran: WPF Dashboard Bagian kedua dari tugas ini adalah untuk membuat dashboard sederhana dengan WPF. Repository- nya dapat diakses melalui hyperlink ini . Saya mempelajari cara membuat beberapa view  dan pemanfaatan RelayCommand dan Binding agar pengguna aplikasi dapat berpindah-pindah view .  Saya mengiku

Tugas 9 | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)

 View SB Admin dengan CodeIgniter Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang pembuatan web menggunakan CodeIgniter yang memanfaatkan template SB Admin. Preparations Sebelum memulai, lakukan langkah berikut: Membuat project CodeIgniter di local Mengunduh template SB Admin Install XAMPP untuk mempermudah deploy di local Steps Setelah project CI dan asset telah diunduh, kita dapat lanjut untuk membuat view sederhana dengan SB Admin.  Taruh asset SB Admin di folder public/assets dalam project CI yang telah dibuat Buat controller untuk mengatur route dan menampilkan view Buat view dengan memanfaatkan asset yang disediakan oleh SB Admin Gunakan controller untuk passing data ke view sehingga bisa ditampilkan Tampilan Repo dapat diakses melalui link ini .

Tugas 2 | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)

  Hello! Pada pertemuan minggu ke-2 kelas PBKK A ini, ditugaskan untuk membuat aplikasi desktop sederhana. Saya memutuskan untuk memilih aplikasi clone  dari Paint yang tentunya sudah umum dikenal pengguna OS Windows. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk "menggambar" dengan berbagai garis dan bentuk yang disediakan. Tentunya pada versi terbarunya, Paint sudah lumayan kompleks sehingga perlu dipilih fitur apa saja yang ingin dikembangkan untuk versi clone  nantinya. Tampilan Paint di Windows 11 Aplikasi clone  Paint ini akan memiliki fitur: Membuat bentuk lingkaran dan persegi panjang, Membuat garis, Memindahkan bentuk dan garis yang telah dibuat, dan Membersihkan area gambar. Kemudian, aplikasi tersebut akan dikembangan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan bantuan JSwing sehingga dapat terbentuk aplikasi desktop. Struktur Aplikasi Dengan JSwing, pola desain aplikasinya akan berputar pada tiga kelas utama, yakni kelas runner  untuk mengeksekusi aplikasi,