Skip to main content

Studi Kasus 5 | Rekayasa Kebutuhan (B)

 Business Requirements Document

Tulisan blog kali ini akan membahas tentang BRD untuk salah satu aplikasi penyewaan akomodasi, yakni Airbnb.

Sekilas tentang Airbnb

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Airbnb menghubungkan penyewa rumah, ruangan, dan akomodasi lainnya dengan calon konsumen yang umumnya membutuhkan akomodasi untuk liburan dan tempat singgah sementara. Berdiri sejak 2008 di Amerika Serikat, AirBendandBreakfast (nama awalnya), telah menghubungkan jutaan tempat singgah dengan ratusan juta pelanggan. Model bisnisnya sukses dan telah menggoyahkan hotel dan penyedia akomodasi tradisional dengan memanfaatkan teknologi.

Stakeholder dalam Airbnb

Terdapat beberapa stakeholder yang terlibat dalam proses bisnis Airbnb, yakni
  1. Pihak tuan rumah, penyedia akomodasi
  2. Pihak tamu, menyewa akomodasi
  3. Pihak pemerintah, sebagai regulator dan menerima pajak pertambahan nilai
  4. Pihak penyedia gateway pembayaran, memproses pembayaran dan melakukan penyaluran dana sesuai proses bisnis (disbursement)
  5. Pihak Airbnb, sebagai pemilik bisnis dan aplikasi

Kebutuhan

Kebutuhan penjabarannya sebagai berikut:

Business requirements

  • ada fasilitas pendaftaran bagi calon pihak tuan rumah untuk mendaftarkan akomodasi yang akan disewakan,
  • ada aplikasi yang dapat digunakan oleh pihak tamu dan pihak tuan rumah,
  • ada call center untuk memberikan bantuan bagi pelanggan untuk menyelesaikan masalah,
  • menggaet calon pihak tuan rumah melalui program promosi agar tertarik untuk mendaftarkan akomodasi,
  • menyediakan fotografer agar akomodasi baru dapat menarik perhatian,

User requirements

  • pengguna dapat membuat akun baru,
  • pengguna dapat melakukan pembayaran,
  • pengguna dapat memperbarui informasi dirinya

Functional requirements

Pihak tuan rumah dapat:

  • melakukan registrasi akun sebagai pemilik akomodasi,
  • mendaftarkan akomodasi miliknya untuk disewakan,
  • melakukan perubahan (mengubah detail/menghapus) pada akomodasi yang telah didaftarkan,
  • menerima notifikasi ada pemesanan terhadap akomodasi miliknya,
  • menerima pembayaran atas penyewaan akomodasi miliknya,
  • melihat statistik performa akomodasi yang ditawarkan,

Pihak tamu dapat:

  • melakukan registrasi akun sebagai penyewa akomodasi,
  • mencari akomodasi berdasarkan lokasi, harga, jenis, dan fasilitas,
  • menyewa akomodasi yang tersedia,
  • melakukan pembayaran untuk menyewa akomodasi,
  • menerima notifikasi bahwa proses pemesanannya berhasil,
  • mengulas akomodasi yang telah disewanya,

Pihak Airbnb dapat:

  • melakukan validasi calon akomodasi yang akan ditawarkan,
  • meluncurkan kampanye promo untuk meningkatkan penyewaan akomodasi,
  • menonaktifkan akun pihak tuan rumah dan pihak tamu apabila terjadi pelanggaran ketentuan pelayanan. 

Non-functional requirements

  • Sistem harus dapat diakses sewaktu-waktu, kapan saja dan dimana saja apabila terdapat hubungan internet
  • Sistem harus handal ketika digunakan oleh pengguna,
  • Sistem harus mampu menjamin keamanan data sensitif pengguna,
  • Sistem harus memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan oleh pengguna,
  • Sistem harus dapat melayani jutaan akses oleh pengguna secara bersamaan,
  • Sistem harus tersedia dalam berbagai bahasa sesuai dengan kebutuhan wilayah dan pengguna,
  • Sistem harus bisa diunduh oleh sistem operasi seluler yang populer,
  • Sistem harus tunduk pada regulasi berbadan hukum yang berlaku berdasarkan wilayah operasi

Comments

Popular posts from this blog

EAS | Rekayasa Kebutuhan (B)

 Studi Kasus AutoRent Deskripsi AutoRent  adalah perusahaan yang menyediakan sewa mobil di kota Surabaya. Sayangnya, proses bisnisnya belum terkomputerisasi sehingga menyebabkan inkonsistensi data, memperlambat proses penyewaan, dan mengurangi kenyamanan pelanggan. Saat ini, perusahaan membutuhkan sistem informasi yang dapat membantu mengatasi masalah yang ada. Sistem informasi yang akan dibangun merupakan sistem informasi bagi staf (admin) AutoRent untuk melakukan input data perusahaan dan melayani pelanggan yang datang langsung ke lokasi. Stakeholder Terdapat beberapa pihak yang terlibat pada proses bisnis di AutoRent, yakni: Pemilik perusahaan, Staf (admin), dan Pelanggan. Kebutuhan Terdapat dua jenis kebutuhan yang perlu dieksplorasi pada studi kasus ini, yakni kebutuhan fungsional dan kebutuhan non-fungsional. Kebutuhan Fungsional Sistem dapat menyediakan fitur login untuk admin, Sistem dapat mengelola data mobil yang dimiliki perusahaan, Sistem dapat mengelola data jenis...

Studi Kasus 4 | Rekayasa Kebutuhan (B)

  Hello! Pada kesempatan ini, saya ditemani oleh Bayu Adjie Sidharta (05111940000172) untuk membahas tentang " Requirement Elicitation". Tugas ini dikerjakan berdasarkan dokumen SKPL berjudul "SI Evaluasi Kegiatan Sekretariat ITS" yang dapat dilihat di bawah ini. Penyelenggara Aplikasi Aplikasi ini diselenggarakan oleh ITS. ITS atau Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya adalah sebuah perguruan tinggi negeri di surabaya. ITS yang didirikan pada 10 Nopember 1957 adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Deskripsi Aplikasi Kegiatan yang dilaksanakan dalam naungan ITS beragam-ragam, dari kegiatan umum, mahasiswa, tenaga pendidik, dan serta staff ITS. Sebagai perguruan tinggi yang baik, ITS selalu ingin berkembang dan meningkatkan kualitas kegiatannya melalui pengadaan survei untuk mengetahui masukan atau evaluasi dari peserta. Harapannya, melalui survei tersebut, dapat diidentifikasi apakah tujuan kegiatan telah tercapai dan bagaimana cara meningka...

Tugas 8 | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)

 CodeIgniter 4 Tugas di minggu ini adalah untuk mencoba CodeIgniter, sebuah kerangka kerja yang menggunakan PHP untuk pengembangan web dinamis. Hal yang perlu dicoba adalah membuat dua halaman baru, yakni "about" dan "contact". Tampilan Pengerjaan tugas dapat diakses melalui link ini .