Skip to main content

Studi Kasus 7 | Rekayasa Kebutuhan (B)

 Pembuatan Spesifikasi

Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang pembuatan spesifikasi pada studi kasus point-of-sales (PoS) MokaPos.

Deskripsi Sistem

PoS merupakan tempat sistem untuk memudahkan proses pembayaran para pelanggan di suatu toko ketika membeli suatu produk ataupun layanan. Sistem ini biasanya menggunakan tablet, smartphone, atau mesin EDC sebagai antarmuka kasir. PoS dapat menghitung secara cepat, menyetak struk, menghitung laba, menyimpan data pelanggan, merekap data penjualan, dan dapat terkoneksi dengan internet.


MokaPos secara spesifik merupakan PoS berbasis perangkat bergerak dengan fokus pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Sistem ini menyediakan fitur yang mencakupi hal-hal umum yang diharapkan pada sistem PoS ditambah dengan pengelolaan karyawan, manajemen data, dan menerima tanggapan dari konsumen. Selain itu, MokaPos memungkinkan integrasi dengan pihak bank dan penyedia pembayaran lainnya serta mengelola diskon.

Metode

Pembuatan spesifikasi ini didasari pada metode MoSCoW (Must, Should, Could, Won't).

Sebelum menerapkan metode ini, sebuah tim harus telah setuju dengan tujuan dari proyek dan segala pertentangan telah teratasi. 

Metode ini digunakan untuk menentukan

Kebutuhan

Terdapat beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi oleh sistem Mokapos, yakni
  1. Sistem dapat memperbolehkan pengguna untuk masuk (login) dengan role kasir
  2. Sistem dapat mengirimkan undangan akun melalui email kepada pengguna
  3. Sistem dapat mengakomodasi beberapa jenis usaha yang dapat dipilih oleh kasir
  4. Sistem dapat menampilkan menu favorit pada usaha toko
  5. Sistem dapat melakukan perubahan pada menu favorit sesuai masukan dari kasir
  6. Sistem dapat menampilkan semua menu yang terdaftar di toko
  7. Sistem dapat menyimpan menu baru sesuai masukan dari kasir
  8. Sistem dapat membuat struk transaksi oleh kasir
  9. Sistem dapat mengakomodasi pengadaan diskon
  10. Sistem dapat memperbolehkan penambahan menu custom ketika pembuatan struk
  11. Sistem dapat memulai sesi shift sebagai kasir
  12. Sistem dapat menyimpan jumlah cash di awal sesi shift oleh kasir
  13. Sistem dapat menampilkan statistik kinerja toko selama satu sesi shift
  14. Sistem dapat mengakhiri sesi shift sebagai kasir
  15. Sistem dapat menambahkan menu ke transaksi yang sedang berlangsung
  16. Sistem dapat mengaitkan menu dengan salah satu diskon saat penambahan menu ke transaksi
  17. Sistem dapat memfasilitasi transaksi yang langsung dibayar oleh pelanggan di kasir
  18. Sistem dapat menyimpan menu dengan quantity lebih dari satu ke transaksi
  19. Sistem dapat memfasilitasi proses bisnis take away/dine-in
  20. Sistem dapat menambahkan pelanggan baru ke database
  21. Sistem dapat menampilkan pelanggan yang sudah terdaftar
  22. Sistem dapat menampilkan metode pembayaran yang tersedia
  23. Sistem dapat menampilkan daftar open bills
  24. Sistem dapat mencetak struk
  25. Sistem dapat mengirimkan struk melalui email
  26. Sistem dapat mengirimkan struk melalui sms
  27. Sistem dapat melakukan pengurangan menu yang ada di transaksi
  28. Sistem dapat melakukan penjagaan pada pengurangan menu dengan membutuhkan pin
  29. Sistem dapat menampilkan historis transaksi
  30. Sistem dapat menyimpan transaksi
  31. Sistem dapat mengakomodasi proses split bill



Comments

Popular posts from this blog

Tugas 3 | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)

 Latihan WPF Di minggu ke-3, ditugaskan untuk mempelajari WPF (Windows Presentation Foundation) sebagai salah satu cara untuk membuat aplikasi desktop. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah C# dengan struktur view  dibentuk dengan dokumen XAML. WPF Hello World Bagian pertama dari tugas minggu ini adalah untuk mencoba membuat "Hello, World" dengan WPF sebagai pengenalan. Repository  sebagai hasil dari bagian ini dapat diakses melalui hyperlink  ini . Fokusan pembelajaran saya dari bagian ini adalah mengenal bagaimana view dapat dibentuk dengan memanipulasi dokumen XAML yang ada, terutama dengan memanfaatkan sistem Grid . Saya mengikuti video berikut sebagai bahan pembelajaran: WPF Dashboard Bagian kedua dari tugas ini adalah untuk membuat dashboard sederhana dengan WPF. Repository- nya dapat diakses melalui hyperlink ini . Saya mempelajari cara membuat beberapa view  dan pemanfaatan RelayCommand dan Binding agar pengguna aplikasi dapat berpindah-pindah view .  Saya mengiku

Tugas 9 | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)

 View SB Admin dengan CodeIgniter Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang pembuatan web menggunakan CodeIgniter yang memanfaatkan template SB Admin. Preparations Sebelum memulai, lakukan langkah berikut: Membuat project CodeIgniter di local Mengunduh template SB Admin Install XAMPP untuk mempermudah deploy di local Steps Setelah project CI dan asset telah diunduh, kita dapat lanjut untuk membuat view sederhana dengan SB Admin.  Taruh asset SB Admin di folder public/assets dalam project CI yang telah dibuat Buat controller untuk mengatur route dan menampilkan view Buat view dengan memanfaatkan asset yang disediakan oleh SB Admin Gunakan controller untuk passing data ke view sehingga bisa ditampilkan Tampilan Repo dapat diakses melalui link ini .

Tugas 2 | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)

  Hello! Pada pertemuan minggu ke-2 kelas PBKK A ini, ditugaskan untuk membuat aplikasi desktop sederhana. Saya memutuskan untuk memilih aplikasi clone  dari Paint yang tentunya sudah umum dikenal pengguna OS Windows. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk "menggambar" dengan berbagai garis dan bentuk yang disediakan. Tentunya pada versi terbarunya, Paint sudah lumayan kompleks sehingga perlu dipilih fitur apa saja yang ingin dikembangkan untuk versi clone  nantinya. Tampilan Paint di Windows 11 Aplikasi clone  Paint ini akan memiliki fitur: Membuat bentuk lingkaran dan persegi panjang, Membuat garis, Memindahkan bentuk dan garis yang telah dibuat, dan Membersihkan area gambar. Kemudian, aplikasi tersebut akan dikembangan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan bantuan JSwing sehingga dapat terbentuk aplikasi desktop. Struktur Aplikasi Dengan JSwing, pola desain aplikasinya akan berputar pada tiga kelas utama, yakni kelas runner  untuk mengeksekusi aplikasi,